Selasa, 14 Juni 2011

Alirman Sori Perjuangkan Kebutuhan BPBD Pessel

Tujuh kabupaten dan kota di Sumatera Barat masuk dalam kategori daerah rawan bencana gempa. Kabupaten Pesisir Selatan termasuk salah satu paling berbahaya untuk bencana gempa dan tsunami. Sementara itu 10 dari 12 kecamatan di Pesisir Selatan termasuk rawan bencana tsunami kecuali 2 kecamatan yaitu IV Nagari Bayang Utara dan Basa Ampek Balai Tapan.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, Nasharyadi B, SH menyatakan itu, ketika bertemu dan berdialog dengan anggota DPD RI, Alirman Sori,SH, M.Hum, MM membahas kesiapan BPBD Pesisir Selatan dalam Program Penanggulangan Bencana, di aula pertemuan BPBD Pessel, Rabu (13/4).
Menurut Nasharyadi, untuk saat ini Pesisir Selatan melalui BPBD belum memiliki standar minimal untuk penanggulangan bencana, maka dari itu Nasharyadi mempresentasikan kebutuhan BPBD Pesisir Selatan dihadapan senator Alirman Sori untuk standar minimal penangulangan bencana, mulai dari standar fisik, operasioal, mobilisasi, peralatan dan perlengkapan dan lainnya.
Nasharyadi berharap kepada Alirman Sori yang juga putra asli daerah Pesisir Selatan, untuk dapat memperjuangkan kebutuhan BPBD tersebut di pusat.
“Kebutuhan ini sangatlah urgen dan dibutuhkan segera, karena kita tak pernah tahu kapan bencana akan terjadi, namun tentunya kita berharap bencana tersebut tidak terjadi,” harap Nasharyadi.
Menanggapi harapan kepala BPBD Pessel ini, Alirman Sori, SH, M.Hum, MM mengapresiasi dan akan segera berkomunikasi dengan pimpinan DPD, pihak BNPB serta Menteri terkait untuk pemenuhan kebutuhan standar darurat bencana ini.
Alirman Sori berharap agar pemerintah Pesisir Selatan dan juga BPBD supaya perperan aktif dan komunikatif agar seluruh elemen dapat mendorong tercapainya standar penanggulangan bencana di Pesisir Selatan.
“Penanggulangan bencana tidak hanya masalah fisik tetapi juga perlu diperhatikan dan dinomorsatukan masalah mitigasi dengan masyarakat, sosialisasi dan program-program pemberdayaan yang mencerdaskan masyarakat agar siap dan tanggap terhadap bencana, karena daerah Pesisir Selatan sudah ditakdirkan harus berhadap-hadapan dengan bencana,” 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar